Resep Cara Membuat Kue Apem Jawa Rumahan

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Resep Kue Apem Jawa pasti tak asing di telinga kita, jajanan tradisional asli jawa itu mungkin saja sedikit terlupakan. Terlebih untuk anak-anak muda masa saat ini. Walau sebenarnya ini dapat satu diantara warisan nenek moyang kita yang paling bernilai. Indonesia mempunyai banyak type jajanan tradisional yang mungkin saja sedikit terlupakan oleh kita. Rasa yang dihasilkan mempunyai cita rasa yang sangatlah kuat.

Jajanan tradisional ini makin tergeser perubahan masa, ditukar dengan jajanan instan yang bahkan juga kita sendiri tidak paham sejauh apa jajanan itu beresiko negatif pada badan kita terlebih buah hati. Oleh karena itu, tidak ada kelirunya melestarikan warisan kuliner ini dengan coba serta mengajarkan memasak jajanan tradisional yang cukup popular, satu diantaranya warisan kulinernya yaitu Kue Apem Jawa.

Banyak varian Resep Kue apem yang ada di nusantara, Apem Jawa yaitu satu diantaranya. Resep Apem Jawa itu memiliki bahan basic tepung beras, gula merah, serta tape singkong. kombinasi bahan inilah yang membuat rasa manis-gurih pada Apem serta pas untuk di sajikan setiap saat, untuk camilan keluarga, sampai jamuan pesta dirumah. Sekalian mengenalkan ke nak-anak kita.
Resep Kue Apem Jawa
Bagaimana caranya bikin Apem Jawa yang lezat iya? Langkahnya gampang serta praktis, pada kesempatan ini bakal ada resep gampang untuk bikin apem jawa, selamat coba :)

Beberapa bahan Kue Apem Jawa :

  • 275 gr tepung beras
  • 100 gr tape singkong
  • ½ sendok makan ragi instan
  • 100 gr gula merah, haluskan
  • 2 sdm gula pasir
  • 150 ml air kelapa
  • 250 ml santan kental
  • 1/4 sdt garam

Langkah Membuatnya

1. Haluskan tape singkong hingga betul-betul halus, campur dengan gula serta ragi instan.
2. Remas-remas hingga gula tercampur rata serta terlarut.
3. Tambahkan tepung beras pada adonan, aduk rata
4. Tuangkan air kelapa sedikit untuk sedikit sembari diuleni dengan tangan sepanjang 15 menit
5. Masukkan garam serta santan sedikit untuk sedikit sembari diuleni rata
6. Diamkan adonan sepanjang lebih kurang 1 jam sampai mengembang
7. Panaskan cetakan apem/kue lumpur, oleskan dengan sedikit minyak
8. Tuangkan adonan apem, tunggulah sampai terlihat lubang-lubang, tutup
9. Balik sampai segi bawahnya masak.
10. Kue apem jawa dapat di hidangkan untuk 6 buah, cocok untuk di hidangkan waktu kumpul keluarga.

Baca Juga :Resep Cara Membuat Ice cream Rumahan

Cetakan kue apem nyaris serupa dengan cetakan kue lumpur, yakni bulat pipih serta bisa diketemukan di toko kue. Tips-nya supaya apem mengembang prima, yakni janganlah masukkan garam pada adonan lantaran bakal mematikan ragi serta bisa bikin struktur apem bantet.

Nah, untuk membuatnya makin cantik dapat memberikan potongan pandan diatas kue. sesudah lihat resepnya, yang gampang untuk di buat, waktunya kita beranjak ke dapur serta memasak, membikinkan keluarga terkasih kue apem jawa. Selamat bikin kue apem dirumah.

Baca Juga :
Advertisement